Rawe-Rawe Rantas, Malang-Malang Tuntas

Quest for A Better Life

Captain James Cook

Posted by pungkasali on May 23, 2008

Buku ini dalam bentuk audio cassettes (audio book) yang merupakan versi abridge dari Buku Captain James Cook karya Allan Villiers (1967). Terdiri dari 8 kaset dengan durasi sekitar 8 jam.

Berkisah mengenai biografi James Cook, seorang penjelajah, navigator dan kartografer dari Inggris yang hidup antara (1728 – 1779). James Cook adalah penjelajah yang memetakan Australia, Selandia Baru, Pantai Barat Amerika dan menemukan Hawaii. Selain itu James Cook adalah pelaut pertama yang mengelilingi benua Antartika.

Kisah James Cook dalam buku ini dimulai dari situasi perlombaan penjelajahan laut antara bangsa-bangsa Eropa, terutama Portugis, Spanyol dan Belanda. Inggris waktu itu cukup ketinggalan sampai muncul yang James Cook mengelilingi dunia. James cook memulai kehidupan sebagai pelaut sejak remaja dengan bekerja di kapal komersial, kemudian bergabung dengan Angkatan Laut Inggris (Royal Navy) dan  menjadi Kapten. Ketika itulah James Cook mulai mejelajahi Amerika Utara dan membuat peta New Foundland dan daerah seputar Quebec. Cook kemudian terpilih untuk mempimpin pelayaran Inggris ke Pacific mencari sebuah benua yang hilang di selatan katulistiwa (Terra Australis). James Cook mengelilingi dunia dalam 3 kali pelayaran melalui Pasifik.

Pelayaran pertama (1768–71) dengan kapal Endeavor dilakukan Cook untuk melakukan penelitian dan merekam jejak lintasan planet venus terhadap matahari. Berangkat dari Inggris  ke Atlantik lalu Cape Horn dan kemudian berbelok ke Barat menuju Tahiti kemudian menuju Pantai Tenggara Australia. Cook kemudian menyusuri pantai timur Australia, berjumpa dengan orang asli Asutralia, dan mendarat di Benua Australia, di Botany Bay. Dari sini Cook berlayar ke Batavia dan terus menuju ke Tanjung Harapan dan kembali ke Inggris.

Setahun kemudin Cook melakukan pelayaran kedua menggunakan Kapal Resolution atas permintaan Royal Society untuk menemukan Terra Australis, untuk membuktikan mitos adanya benua besar di selatan sebagai penyeimbang benua di bagian utara. Pelayaran kedua dilakukan selama 3 tahun (1772–75). Kali ini perjalan di lakukan dari barat ke timur, yaitu dari Tanjung Harapan di ujung selatan Afrika menuju ke lingkaran antartika dan bergerak ke timur, kemudian masuk ke Pasifik. Perjalanan kali ini mambuktikan penggunaan K1 kronometer yang dapat menghitung longitude (garis bujur) secara lebih tepat.

Perjalanan terakhir dilakukan tahun (1776–79) juga dengan kapal Resolution ke Tahiti kemudian ke utara dan mendarat di Kauai, Hawaii. Dari sini Cook berlayar ke utara sepanjang pesisir Barat  Amerika Utara dan menuju ke Selat Bering. Karena tidak bisa dilalui, Cook kembali ke selatan dan mendarat di Big Island Hawaii. Selama di Hawaii inilah terjadi konflik dengan penduduk setempat yang menyebabkan James Cook bersama empat kru lainnya tewas, dan kapal kembali ke Inggris.

Saya sangat menikmati audio book ini, yang saya setel di mobil ketika berangkat dan pulang kerja. Kualitas pengisi suara cukup baik, hanya intonasinya yang kurang kuat, atau mungkin telinga saya yang tidak bisa mendengar dengan baik. Ya wajar, mungkin karena bukan English Speaking person, membuat saya tidak bisa sepenuhnya mengikuti alur cerita. Mungkin harus disetel ulang lagi. Atau mungkin akan lebih bagus lagi kalau kita bisa beli versi cetaknya. Pasti lebih baik dan tambah mengasyikkan.

Pengarangnya Alan Villiers adalah seorang Master Mariner yang berpengalaman di laut sebagai pedagang dan kemudian di Royal Navy Inggris pada masa Perang Dunia Kedua. Alan banyak menerbitkan 42  buku yang bertemakan kelautan. Tak mengherankan jika dalam karyanya Captain James Cook ini, Alan seolah-olah menjadi mata, hati dan tangan James Cook. Kita akan sangat menikmati audio book- nya ini seolah kita sendiri sedang berlayar mengarungi pasifik.

Highly Recommended (****)

Allan Villiers. 1983. Captain James Cook. Book on Tape Inc. 8 cassettes about 8 hours

 

 

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: