Rawe-Rawe Rantas, Malang-Malang Tuntas

Quest for A Better Life

Kisah II: Cabe, Basil dan Cilantro

Posted by pungkasali on April 14, 2008

Inilah bagian kedua, bagian yang menyedihkan. (Jika anda belum baca, silakan simak bagian 1 kisah ini)

Aku perhatikan baik-baik. Apakah mereka hantu? Kukuatkan hatiku, aku pandangi mereka. Bukan mereka bukan hantu. Mereka adalah bayangansi Udin, Imam dan Yanto. Tiga anak bernasib malang. Yang satu ditinggal mati bapaknya, yang kedua ditinggal oleh harapannya, dan yang ketiga ditinggal orang-orang yang tak lagi memperdulikannya. Matanya sayu, kainnya robek, telanjang kaki rambut tak terurus. Pandangannya nanar,melihat cabe, basil dan cilantro, yang lebih aku perhatikan daripada mereka (baca: manusia).

Tiba-tiba aku menyesali diriku sendiri.

Aduh nak, tak tahukan kamu kita-kita sudah jamannya globalisasi tanpa batas? Ini bukan jamannya kamu belajar “Ini Ibu Budi” tapi “Inilah asal usul matahari”? Kamu nggak bisa baca? Sayang sekali, siapa nanti yang beli novel-nya Motinggo Busye, siapa yang baca papan iklan shampo di pojok jalan itu, siapa yang akan baca GBHN? Aku ingin kamu punya pekerjaan, sehingga nanti tak perlu mencuri barang putraku, dan RT kami bersih dari para gelandangan sepertimu. Aku ingin kamu kuat dengan “otot kawat balung wesi”, bukan badan yang ceking melengkung seperti kawat pagar halaman. Biar bisa membangun bangsa ini, menjadi tulang punggung ummat ini, jangan kulit membalut tulang, meneruskan cita-citaku, mengganti Pak Sayudi yang sebentar lagi pensiun jadi guru, menjadi Hamka, M Natsir dan Agus Salim…..menjadi dirimu sendiri!!!.

Tapi siapakah yang mau membantumu melewati hari-harimu? Siapa yang akan merawatmu sebagaimana aku merawat Cabe, Basil dan calintro di jendela kamar itu? Siapakah yang memberimu setetes air, yang adalah sejuta hara
bagimu?

Troy, BeA

Leave a Reply

 
