Rawe-Rawe Rantas, Malang-Malang Tuntas

Quest for A Better Life

Billions & Billions

Posted by pungkasali on June 13, 2008

Jarang ilmuwan tidak mengenal Carl Sagan. Seorang ahli astronomi dan penulis ilmiah asal Cornell University, Ithaca. Carl juga aktif dalam peluncuran Vogayer melanglang jagat raya dan ikut menhasilkan film Contact. Carl terkenal dengan kepiawaian dalam meracik dan menyampaiakn suatu ilmu dalam bahasan yang mudah difahami dan menyenangkan, sebagaimana dapat kita baca pada buku ini.

Billions & Billions berisi tulisan baik yang baru maupun repro dari tulisan-tulisannya yang dimuat di majalah dan penerbitan cetak lainnya. Isinya macem-macem, dari masalah matemaitika dan perhitungan, catur persia, tata surya, sampai mengani aborsi. Cara penulisan dan gaya bahasanya yang cergas, membuat kita bisa menikmatinya tanpa rasa bosan.

Buku ini merupakan buku terakhir yang ditulis oleh Carl Sagan sebelum meninggal penyakit langka myelodysplasia Bahkan bagian akhir dari buku ini ditullis ketika Carl sakit lalu akhirnya meninggal, lalu buku ini disempurnakan oleh istrinya. Jadi kalau kita baca lagi, beberapa tulisannya juga membahas masalah agama, perjuangan beratnya menghadapi penyakit hingga sikapnya yang agnostik.

Bagian yang sangat menarik. Carl adalah orangyang tidak percaya adanya Tuhan dan kehidupan setelah mati. Ketika banyak yan bertanya padanya, bagaimana dia menghadapi kematian tanpa adanya kepastian tentang hidup sesudah mati, carl mengutip pendapat Einstein: …I am satisfied with the mystery of the eternity of life and a glimpse of marvelous structure of the exixting of the world…”. 

Oh, poor Carl. Poor Ann Druyann (istrinya), yang menghadapi perpisahan mereka tanpa punya harapan akan kehidupan abadi sesudah fana ini. Ann hanya bisa berkata: “…our wondrous life together was ending forever”

Carl Sagan. 1997. Billions & Billions; Thoughts on life and Death at the Brink of Millenium . Random House Publising. 242 hal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: