Rawe-Rawe Rantas, Malang-Malang Tuntas

Quest for A Better Life

Kublai Khan: The Mongol King Who Remade China

Posted by pungkasali on June 20, 2008

Sebagai cucu Genghis Khan, Kublai Khan (sering disebut juga Kubilai Khan) mewarisi imperium terbesar sepanjang sejarah – dan bahkan kemudian memperluasnya lagi menjadi dua kali lipatnya dengan menguasai Cina dan Asia Timur. Dengan kekuatannya Kublai Khan menguasai Eropa dan separuh benua Asia dan menguasai seperlima wilayah di dunia yang dihuni manusia.

Kublai Khan tidak saja dilahirkan untuk berkuasa, tetapi juga seorang yang brilian (menurut pengarangnya) . Brilian dalam politik kekuasaan, militer, dan administrasi pemerintahan.   Propotipe pemerintahanny abanyak diwariskan hingga saat ini. Salah satu upayanya adalah dengan menciptakan bahasa tulis mongolia, yang sebelumnya tidak mengenal bahasa tulis yang terstruktur. Pada masanya juga telah dibuat mesin cetak, sebelum Gutenberg membuatnya di Eropa, juga dikenalkannya uang kertas, serta struktur kepegawaian negara yang teratur.

Buku ini dimulai dengan silsilah Kublai Khan dari Temujin alias Genghis Khan, awal-awal kehidupannya, pergolakan anak-anak dan cucu Temujin dalam perbutan kekuasaan, hingga pengangkatannya menjadi Khan yang Agung. Kemudian bercerita tentang upayanya memperluas wilayah ke Cina, Vietnam, Tibet, Taiwan, Nepal, Burma, Jepang dan Korea, juga ekpedisinya ke Jawa. (Hampir tidak ada negara baik di sebelah barat (Eropa) dan Timur (Asia Timur) yang dapat menahan gempuran Kublai, kecuali Jepang dan Vietnam).

Sama seperti Genghis Khan kakeknya, peninggalan fisik (bangunan, dll)  Kublai khan sangat minim. Kehidupan nomaden mongolia memang tidak akrab dengan bangunan-bangunan yang permanen. Namun beberapa diantaranya masih bisa disaksikan seperti taman dan pagoda-pagoda Budha. (Ini lebih baik daripada Genghis Khan) yang kuburnya saja tidak ada yang tahu di mana.

John Man juga mencoba menghubungkan kekuasaan Kublai yang saat ini diakui sebagai ikon baik oleh Cina maupun mongol. Bahkan aneksasi Tibet oleh Cina modern juga dijustifikasi oleh pemerintah Cina sekarang karena menganggap Tibet adalah bagian dari Cina, yaitu ketika Kublai menguasai Tibet. (note: padahal Kublai dari Mongol, dan Cina pada saat itu statusnya juga sama dengan Tibet, yaitu sama-sama dibawah Kublai Khan yang orang Mongol).

Buku ini berdiri sendiri. Tetapi akan sangat lebih baik bila sebelum membaca buku yang judulnya Kublai Khan: The Mongol King Who Remade China ini, kita juga membaca dulu buku Genghis Khan: Life, Death dan Resurection oleh pengarang yang sama, karena akan menjadi satu rangkaian utuh mengenai imperium mongol dari kelahirannya. Selamat menikmati.

John Man. 2006. Kublai Khan, The Mongol King Who Remade China. Bantam Books. London. 443 hal.

One Response to “Kublai Khan: The Mongol King Who Remade China”

  1. Tejo said

    Belum sampai selesai kubaca buku ini, hanya pada bagian tertentu yang aku tertarik, itupun di antara perjalanan panjang di angkasa. Bagian yang menarik diantaranya adalah cuplikan sedikit mengenai Indonesia dan juga bagaimana si Kublai Khan sebagai cucu dengan cita-cita besar.

    Sangat penting untuk dibaca bagi mereka yang memiliki gagasan-gagasan besar. Terkadang kita ragu bagaimana mungkin kita membawa gagasan dan cita-cita kita dengan jalan menantang arus utama yang ada saat ini. Tetapi dengan membaca Kublai Khan ini terasa bahwa menentang arus untuk sebuah perubahan besar memang selalu disyaratkan.

    Di zaman dimana kapitalisme hadir hingga ke rumah kita, ke tempat paling private kita, terasa seolah tidak mungkin kita menghindar. Kita bisa menghindar. Kita bahkan sangat bisa melawan sistem yang jelas-jelas memperburuk kelaparan, kemiskinan dan kerusakan muka bumi ini.

    Kublai Khan tentu tidak bercerita tentang neoliberalisme. Tetapi bagi mereka yang menjadi bagian dari penentang neoliberalisme, buku ini sangat disarankan untuk dibaca.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: